Desa Gunung Sembilan (mahasiswa.iainptk.ac.id) – Senin, 7 Agustus 2023, Dalam semangat untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman, sekelompok mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dengan penuh semangat berkunjung ke Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Gunung Sembilan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak di wilayah tersebut.
Program KKL ini merupakan hasil dari kolaborasi antara para mahasiswa KKL dan pihak TK Desa Gunung Sembilan. Dalam kunjungan ini, para mahasiswa KKL berperan sebagai tenaga pengajar dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran yang interaktif dan edukatif kepada anak-anak TK. Berbagai materi pendidikan yang disesuaikan dengan usia dan tingkat pemahaman anak-anak diajarkan oleh mahasiswa dengan penuh dedikasi.
Selain pembelajaran, kegiatan juga diramaikan dengan permainan dan aktivitas kreatif yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik dan kreativitas anak-anak. Senyum ceria dan antusiasme anak-anak serta masyarakat Desa Gunung Sembilan menjadi bukti nyata kesuksesan kegiatan ini. Bahkan, saat tiba di gerbang TK, beberapa anak dengan antusias berlari menghampiri para mahasiswa KKL dan memberikan pelukan hangat sebagai bentuk sambutan hangat mereka.
Ibu Sarijah, Kepala TK Desa Gunung Sembilan, menyatakan, “Saya berharap dengan adanya mahasiswa KKL di TK Gunung Sembilan, mereka dapat membantu dalam menciptakan permainan dan lagu-lagu baru agar anak-anak semakin bersemangat dalam belajar. Permainan dan lagu-lagu ini diharapkan dapat lebih mendalamkan pengetahuan anak-anak.”
Kegiatan ini pun diharapkan mampu mempererat hubungan antara mahasiswa KKL dan masyarakat, serta memberikan manfaat yang konkret bagi perkembangan pendidikan di wilayah tersebut. Para mahasiswa KKL dari IAIN Pontianak dengan tulus memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di desa, membawa semangat dan pengalaman berharga kepada anak-anak yang bersemangat belajar.
Melalui kegiatan ini, institusi pendidikan diharapkan dapat mengambil inspirasi untuk berperan aktif dalam memperbaiki mutu pendidikan dan memberikan dampak positif dalam pengembangan masyarakat.
Penulis: Rusdiantari & Sy. Akhmad Choyri
Editor : Farli Afif